Rudenim Tak Cukup, 98 Imigran Gelap Diinapkan di Hotel

Kompas.com - 13/05/2013, 13:59 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com - Sebanyak 98 imigran gelap yang diamankan petugas Polair Polda Bali di Perairan Bali Selatan, Minggu (12/5/2013) akhirnya bersedia dievakuasi dari kapal setelah bernegosiasi dengan polisi dan Imigrasi.

Mereka kini diinapkan sementara di tiga hotel wilayah Denpasar karena Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) tidak bisa menampung.

"Rudenim tidak cukup, hanya ada 3 room kapasitasnya untuk 15 orang," ujar Kasi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar, Saroha Manullang saat dihubungi Senin (13/5/2013).

22 imigran untuk sementara diinapkan di Hotel Oka, 42 imigran di Hotel Warta, dan 34 sisanya di Hotel Barito Denpasar.

Dari hasil pemeriksaan sementara, seluruh pencari suaka ke Australia ini mengaku berasal dari Iran. Petugas Imigrasi masih melakukan pendataan dan dokumen-dokumen yang mereka miliki.

Imigrasi Denpasar dan Polda Bali kini sedang berkoordinasi untuk menentukan langkah apa yang akan dilakukan terhadap para imigran ini.

Seperti diberitakan, sekitar seratus imigran dari Timur Tengah diamankan oleh Polair Polda Bali saat melakukan patroli di sekitar perairan Bali Selatan, Minggu (12/5/2013) pukul 05.00 Wita pagi tadi. Imigran yang terdiri dari anak-anak, wanita dan pria dewasa ini bersembunyi di Palka Kapal yang biasa digunakan untuk mengangkut ikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.