Timor Tengah Utara Belum Siap Jadi Destinasi Sail Komodo

Kompas.com - 12/05/2013, 23:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Meskipun menjadi salah satu destinasi Sail Komodo yang akan berlangsung pada September 2013 nanti, tetapi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, tidak melakukan persiapan apa pun sehingga mengundang kritikan banyak pihak.

Wakil Ketua DPRD TTU Benediktus Hermenegildus Bone kepada Kompas.com, Minggu (12/5/2013), mengatakan, Dinas Pariwisata Kabupaten TTU harus memulai persiapan dalam rangka menyambut acara bertaraf internasional itu.

"Semua potensi pariwisata dan kebudayaan lokal harus dihimpun dan dikerahkan ke titik destinasi, agar dunia Internasioanal dapat melihat dan mengetahui potensi yang dimiliki daerah ini," jelas Gildus.

Menurut Gildus, semua potensi yang dimiliki daerah ini harus dikemas dengan baik sehingga dapat menarik minat wisatawan mancanegara untuk kembali berkunjung. Hal tersebut selain membawa dampak ekonomi bagi masyarakat setempat, juga sebagai bentuk investasi minat pariwisata jangka panjang.

"Walaupun ini sebagai titik destinasi, tapi kita juga perlu menghadirkan potensi-potensi kebudayaan dan kearifan lokal lainnya yang ada di daerah lain di TTU. Agar peserta sail dapat melihat TTU secara menyeluruh," tegas Gildus.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten TTU Yulius Sila, ketika hendak ditemui Kompas.com, menolak untuk ditemui dengan alasan tidak enak badan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.