Kompas.com - 10/05/2013, 09:33 WIB
EditorAgus Mulyadi

BANDUNG, KOMPAS.com — Umat Islam di kawasan Bandung selatan menggelar shalat gerhana Matahari di masjid di lingkungan masing-masing, Jumat (10/5/2013) pagi.  

"Shalat gerhana di Masjid Agung Bandung dilakukan tadi, diikuti jemaah setelah shalat Subuh," kata Mustopa, pengurus DKM Masjid Raya Jabar.

Gerhana Matahari sebagian terjadi di wilayah Jawa, mulai pukul 06.00 WIB. Matahari yang baru terbit hanya terlihat sepertiga bagian.

Sementara itu, cuaca di kawasan Bandung selatan yang sejak pukul 05.30 WIB cukup cerah, menjadi seperti berkabut pada saat memasuki saat-saat gerhana Matahari sebagian itu.

Suara takbir dikumandangkan dari masjid-masjid melalui pangeras suara, sebagai tanda terjadinya fenomena alam yang menunjukkan keagungan Allah swt.

"Gerhana Matahari merupakan fanomena alam yang menunjukkan keagunggan Allah swt sebagai Mahapencipta," kata Ustaz Iyep Diymati, pimpinan DKM Al-Ikhwan di Ciparay, Kabupaten Bandung.

Selepas shalat Subuh, kaum Muslim tetap berada di masjid sambil berdoa dan berzikir. Sebagian warga keluar rumah untuk melihat munculnya matahari, yang dua pertiganya terhalang bayangan bulan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.