Kompas.com - 07/05/2013, 17:04 WIB
|
EditorKistyarini

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung resmi menetapkan delapan pasangan calon untuk Pemilihan Wali Kota Bandung 2013. Putusan itu ditetapkan setelah KPU menggelar rapat pleno, di Kantor KPU Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat, Selasa, (7/5/2013).

"Hari ini kita telah selesai dan secara resmi menetapkan delapan pasangan calon wali kota dan wakil walikota Bandung pada Pilwalkot 2013," kata Appipudin, Ketua KPU Kota Bandung, Selasa, (7/5/2013).

Apipudin mengatakan, kedelapan pasangan calon Pilwalkot 2013 itu dinyatakan telah memenuhi berbagai persyaratan yang diminta KPU, seperti verifikasi data faktual, jumlah dukungan, pemeriksaan tes kesehatan, terutama yang menyangkut masalah administrasi.

"Yang paling diutamakan untuk pembahasan rapat pleno ini adalah menyangkut masalah penyelesaian administrasi, tapi sekarang Alhamdulillah sudah selesai, tidak ada hambatan," kata Apip.

Apip menambahkan, untuk jumlah dukungan yang kurang, terutama untuk pasangan calon independen sudah dilengkapi semua. KPU mempersyaratkan minimal 80.678 dukungan. "Semuanya sudah terpenuhi," katanya.

Apip menjelaskan, empat pasangan dari jalur parpol yaitu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Edi Siswadi - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Erwan Setiawan. Edi Sis - Erwan Setiawan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan, serta lima parpol non parlemen.

Kedua, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivandana yang diusung PDI Perjuangan, yang berpasangan dengan istri Wali Kota Bandung Dada Rosada, Nani Suryani Rosada, yang didukung Partai Amanat Nasional (PAN).

Pasangan ketiga, adalah pakarta tata kota Ridwan Kamil yang diusung Partai Gerindra, yang berpasangan dengan anggota DPRD Kota Bandung, Oded M. Danial yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Keempat, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, M. Qudrat Iswara yang berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Asep Dedy Ruyadi. Pasangan ini diusung Partai Golkar serta Partai Damai Sejahtera dan 15 parpol nonparlemen.

Sementara itu dari jalur perseorangan, terdapat empat pasangan, yakni  Budi Setiawan-Rizal Firdaus, Wawan Dewanta-M Sayogo, Bambang Setiadi-Alex Tahsin, dan Wahyudin Karnadiata-Tony Apriliani.

Puncak pelaksanaan Pemilihan Wali Kota Bandung akan dilangsungkan pada 23 Juni 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.