Kompas.com - 06/05/2013, 18:34 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan petahana cagub-cawagub Jawa Timur, Soekarwo-Saifullah Yusuf (Gus Ipul), merasa masih berpeluang mendekati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk ditarik dalam gerbong partai pendukungnya dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2013.

Oleh karena itu, keduanya mengaku terus melakukan lobi politik kepada PKB, meskipun DPP PKB sudah menurunkan rekomendasi cagub Jatim kepada Khofifah Indar Parawansah. Namun Gus Ipul menolak anggapan bahwa pendekatan ke PKB itu sebagai upaya menghadang Khofifah yang kini juga tengah intensif berkomunikasi dengan PKB.

''Bukan menghadang calon lain, kami hanya ingin agar PKB bersama-sama kami lagi dalam meneruskan program pembangunan di Jatim,'' katanya di Surabaya, Senin (6/5/2013).

Ipul bahkan yakin bahwa pihaknya akan mendapatkan dukungan dari PKB, karena selain memiliki kedekatan kultur dengan PKB, pimpinan PKB di tingkat pusat maupun di Jatim masih memiliki hubungan keluarga dengannya. Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, dan kakaknya, Abdul Halim Iskandar selaku Ketua DPW PKB Jatim adalah sepupunya.

''Kami terus berkomunikasi 24 jam dengan mereka. Secara pribadi mereka mendukung saya, tapi mereka masih akan membahasnya di tingkat partai,'' jelasnya.

Pasangan Soekarwo-Gus Ipul sudah mendapatkan mayoritas dukungan parpol parlemen seperti Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional. Selain itu, pasangan ini juga mengklaim mendapat sejumlah dukungan dari partai non-parlemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.