Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Soekarwo-Gus Ipul Terus Lobi PKB

Kompas.com - 06/05/2013, 18:34 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan petahana cagub-cawagub Jawa Timur, Soekarwo-Saifullah Yusuf (Gus Ipul), merasa masih berpeluang mendekati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk ditarik dalam gerbong partai pendukungnya dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2013.

Oleh karena itu, keduanya mengaku terus melakukan lobi politik kepada PKB, meskipun DPP PKB sudah menurunkan rekomendasi cagub Jatim kepada Khofifah Indar Parawansah. Namun Gus Ipul menolak anggapan bahwa pendekatan ke PKB itu sebagai upaya menghadang Khofifah yang kini juga tengah intensif berkomunikasi dengan PKB.

''Bukan menghadang calon lain, kami hanya ingin agar PKB bersama-sama kami lagi dalam meneruskan program pembangunan di Jatim,'' katanya di Surabaya, Senin (6/5/2013).

Ipul bahkan yakin bahwa pihaknya akan mendapatkan dukungan dari PKB, karena selain memiliki kedekatan kultur dengan PKB, pimpinan PKB di tingkat pusat maupun di Jatim masih memiliki hubungan keluarga dengannya. Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, dan kakaknya, Abdul Halim Iskandar selaku Ketua DPW PKB Jatim adalah sepupunya.

''Kami terus berkomunikasi 24 jam dengan mereka. Secara pribadi mereka mendukung saya, tapi mereka masih akan membahasnya di tingkat partai,'' jelasnya.

Pasangan Soekarwo-Gus Ipul sudah mendapatkan mayoritas dukungan parpol parlemen seperti Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional. Selain itu, pasangan ini juga mengklaim mendapat sejumlah dukungan dari partai non-parlemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com