Kompas.com - 06/05/2013, 16:58 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

DENPASAR, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali melakukan pemutakhiran atau perubahan Data Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Gubernur Bali 2013. Sebanyak 6.855 pemilih tercecer akhirnya mendapatkan hak suaranya yang nyaris hilang untuk memilih gubernur bulan Mei ini.

"Tentang pemutakhiran data pemilih, DPT dilakukan satu kali. Apabila ada yang meninggal atau yang tercecer, KPU berhak melakukan perubahan untuk menjamin hak pemilih," ujar anggota KPU Bali, Ketut Udi Prayudi, seusai rapat pleno rekapitulasi perubahan DPT di Kantor KPU Bali, Senin (6/5/2013).

Saat penetapan DPT pada 29 Maret lalu, tercatat 2.918.824 pemilih yang memiliki hak suara. Setelah ada penambahan 6.855 pemilih, total DPT saat berhak mencoblos bulan Mei mendatang adalah 2.925.679.

Kabupaten/kota yang terbanyak dalam penambahan DPT ini adalah Badung dengan 3.631 pemilih, kemudian Denpasar 1.005 pemilih, dan Buleleng 886 pemilih.

Selain penambahan DPT, KPU juga menghapus data pemilih yang sudah meninggal dan DPT ganda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.