Kompas.com - 05/05/2013, 20:56 WIB
|
EditorErlangga Djumena

BANDUNG, KOMPAS.com - Meski dalam status siaga, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat adanya penurunan aktivitas vulkanik di Kawah Ijen Jawa Timur, Minggu (5/5/2013).

Dari pantauan PVMBG hari ini, pada pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB, visualisasi di kawah Ijen tertutup kabut karena cuaca mendung. Untuk aktivitas kegempaan, tercatat 2 kali gempa vulkanik dalam, 2 kali gempa vulkanik dangkal, 2 kali gempa tremor menerus dengan amplituda 0,5 sampai 4 milimeter dan amplitudo dominan 2 milimeter.

"Aktivitas Gunung Ijen saat ini terjadi penurunan energi tremor. ditengarai dengan penurunan amplituda tremor, dari semula, rata-rata 15 milimeter pada 20 Maret 2013. Saat ini amplituda tremor dominan hanya 2 milimeter," kata Kepala PVMBG Surono dalam rilisnya, Minggu (5/5/2013).

Selain itu, pria yang akrab disapa Mbah Rono ini menghimbau, agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 1,5 kilomter dari Kawah Ijen. "Dihimbau juga agar masyarakat di sekitar G Ijen tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu (letusan) yang tidak jelas sumbernya," paparnya.

Demi menjaga situasi yang kondusif, masyarakat yang berada dalam kawasan Gunung Ijen juga dimuinta untuk mengikuti arahan Pemda setempat. " Dalam status siaga Ijen ini, Gubernur Jatim dan Bupati Banyuwangi akan mendapat laporan satu kali tiap hari," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.