Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawah Ijen Siaga, Warga Jangan Terpancing Isu Letusan

Kompas.com - 05/05/2013, 20:56 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Meski dalam status siaga, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat adanya penurunan aktivitas vulkanik di Kawah Ijen Jawa Timur, Minggu (5/5/2013).

Dari pantauan PVMBG hari ini, pada pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB, visualisasi di kawah Ijen tertutup kabut karena cuaca mendung. Untuk aktivitas kegempaan, tercatat 2 kali gempa vulkanik dalam, 2 kali gempa vulkanik dangkal, 2 kali gempa tremor menerus dengan amplituda 0,5 sampai 4 milimeter dan amplitudo dominan 2 milimeter.

"Aktivitas Gunung Ijen saat ini terjadi penurunan energi tremor. ditengarai dengan penurunan amplituda tremor, dari semula, rata-rata 15 milimeter pada 20 Maret 2013. Saat ini amplituda tremor dominan hanya 2 milimeter," kata Kepala PVMBG Surono dalam rilisnya, Minggu (5/5/2013).

Selain itu, pria yang akrab disapa Mbah Rono ini menghimbau, agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius 1,5 kilomter dari Kawah Ijen. "Dihimbau juga agar masyarakat di sekitar G Ijen tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu (letusan) yang tidak jelas sumbernya," paparnya.

Demi menjaga situasi yang kondusif, masyarakat yang berada dalam kawasan Gunung Ijen juga dimuinta untuk mengikuti arahan Pemda setempat. " Dalam status siaga Ijen ini, Gubernur Jatim dan Bupati Banyuwangi akan mendapat laporan satu kali tiap hari," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com