Kunjungan Wisatawan Asing Meningkat

Kompas.com - 04/05/2013, 03:29 WIB
Editor

SURABAYA, KOMPAS - Kunjungan wisatawan asing ke wilayah Jawa Timur sepanjang 2013, sejak Januari hingga Maret, meningkat 17,77 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim mencatat, jumlah wisatawan asing selama Maret 2013 saja mencapai 19.133 orang atau naik 17,57 persen dibandingkan bulan yang sama tahun 2012 sebanyak 16.257 orang.

Menurut M Ma’ruf, Kepala Seksi Promosi dan Kerja Sama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, di Surabaya, Jumat (3/5), meningkatnya kunjungan wisatawan asing disebabkan, antara lain, obyek wisata di provinsi itu berbeda dengan daerah lain. Selain itu, kondisi ekonomi global juga mulai ada perbaikan.

”Potensi wisata Jatim menarik, mulai dari obyek wisata alam yang tersebar dari Kabupaten Pacitan sampai Banyuwangi hingga obyek wisata budaya. Ditambah lagi situasi Jatim yang kondusif menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan,” ujarnya.

Ma’ruf mengakui, wisatawan yang datang ke Jatim tidak semata-mata untuk menikmati potensi alam dan budaya, tetapi juga untuk bisnis. Hal ini memungkinkan karena Jatim menjadi salah satu tujuan utama investasi di Indonesia.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim mencatat, tren kunjungan wisatawan asing ke provinsi itu terus meningkat. Dari tahun 2009 ke tahun 2010, misalnya, terjadi kenaikan 8,40 persen dari 188.076 wisatawan menjadi 203.888 orang. Tahun 2011 terjadi kenaikan 10,02 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 224.309 wisatawan asing.

Tahun 2012 naik lagi, sekitar 7,06 persen, yaitu 240.155 wisatawan asing datang ke Jatim. ”Persentase kenaikan wisatawan asing dari tahun 2011 ke 2012 menurun karena pengaruh ekonomi global yang lesu,” ucapnya. Wisatawan asing yang datang ke Jatim berasal dari Malaysia, Singapura, China, Jepang, Taiwan, Inggris, Jerman, dan Perancis.

Kepala Badan Pusat Statistik Jatim Irlan Indrocahyo menambahkan, wisatawan mancanegara masuk ke Jatim sebagian besar melalui Bandara Juanda. Wisatawan Nusantara yang datang ke Jatim juga meningkat, tahun lalu sekitar 30,2 juta orang. (wer)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.