SMA di Kendal Akan Disanksi jika Menahan Ijazah Siswa

Kompas.com - 02/05/2013, 18:26 WIB
|
EditorFarid Assifa

KENDAL, KOMPAS.com - Bupati Kendal Widya Kandi Susanti meminta kepada semua SMA sederajat agar tidak menahan ijazah siswa. Ijazah sekolah wajib diberikan kepada siswa, walaupun tidak digunakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Pasalnya, mungkin saja ijazah tersebut digunakan untuk melamar pekerjaan.

"Sekolah tidak boleh menahan ijazah siswa. Kalau nanti sampai ada sekolah yang menahan ijazah siswa, sekolah itu akan kami beri sanksi," tegas Widya, Kamis (2/5/2013).

Widya menjelaskan, untuk mengantisipasi angka putus sekolah di Kabupetan Kendal, pihaknya akan membuka posko pengaduan antiputus sekolah. Langkah tersebut bertujuan menyukseskan program wajib belajar 12 tahun. Rencananya, posko pengaduan antiputus sekolah akan dibuat di setiap kecamatan.

Posko ini nantinya akan mendata anak usia sekolah yang tidak tamat belajar supaya bisa melanjutkan hingga jenjang SMA atau sederajat.

Widya menambahkan, wajib belajar 12 tahun akan terus digulirkan agar SDM yang dihasilkan mampu bersaing di era globalisasi.

"Posko ini untuk memantau dan mendata anak-anak usia sekolah agar terus bersekolah hingga lulus SMA atau sederajat," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kendal, Muryono mengaku akan menindaklanjuti pernyataan bupati tersebut. Termasuk memberikan sanksi kepada sekolah yang menahan ijazah siswa, terutama di sekolah negeri. "Sekolah negeri juga jangan menahan ijazah siswa," tandasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.