Kompas.com - 02/05/2013, 15:25 WIB
|
EditorFarid Assifa

SURABAYA, KOMPAS.com - Puluhan massa dari kalangan LSM pemerhati pendidikan menggelar aksi teatrikal menyambut Hari Pendidikan di depan Gedung Negara Grhadi Surabaya, Kamis (2/5/2013).

Mereka mendesak semua steakholder di bidang pendidikan untuk mengubah citra pendidikan di semua jenjang, menjadi suasana yang nyaman dan menyenangkan. Dalam aksinya, para aktivis yang tergabung dalam Jaringan Aksi Pendidikan itu mengurung pelajar dalam sebuah kurungan ayam.

"Itu adalah gambaran dunia pendidikan saat ini, siswa terkesan dikurung paksa, dan tidak nyaman," kata salah satu orator aksi, Edy Setiatmoko.

Saat ini, kata dia, lingkungan pendidikan justru menjadi lingkungan yang menakutkan bagi siswanya, dari aspek guru yang kerap melakukan kekerasan dan tindakan cabul kepada anak didiknya, hingga aspek kurikulum, dengan Ujian Nasional yang menjadi proses pendidikan yang sangat menakutkan bagi semua siswa.

"Karena itu, kami mengimbau kepada pemerintah yang memiliki kekuasaan agar mengubah citra pendidikan sebagai tempat yang menyenangkan bagi anak didiknya," jelas Edy.

Dalam aksi itu, sejumlah aktivis perempuan juga terlihat membagi-bagikan buah jeruk kepada para pengguna jalan. Buah jeruk itu ditusuk dengan bendera kecil bertuliskan: "Sekolah Bukan Penjara. Segarkan..".

Selain dari kalangan aktivis LSM, unjuk rasa memperingati hari pendidikan juga digelar sejumlah elemen mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan Aliansi Perjuangan Rakyat yang terdiri dari FMN, FKPS, serta BEM Arrosyd. Isu utama yang mereka usung antara lain mendesak direalisasikannya pendidikan murah, coret Ujian Nasional, hingga desakan agar presiden SBY mencopot Kemendikbud M Nuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.