Kompas.com - 27/04/2013, 07:23 WIB
EditorAgus Mulyadi

BENGKULU, KOMPAS.com - Tidak ada tunggakan pembayaran beras bagi warga miskin (raskin) di Bengkulu, karena rumah tangga sasaran membayar secara kontan.

"Kami tidak mau mengambil risiko menyalurkan raskin tanpa dibayar kontan oleh keluarga dari rumah tangga sasaran (RTS)," kata Humas Divisi Regional Bulog Bengkulu, Hariswan di Bengkulu, Sabtu (27/4/2013).

Ia menjelaskan, pada 2013 raskin disalurkan setiap bulan rata-rata sekitar 182.361 ton untuk 121.574 RTS, sehingga saat ini sudah tersalur sebanyak 1.500 ton.

Bagi daerah penerima yang belum memiliki uang kontan, raskin tidak akan disalurkan terlebih dulu. Penyaluran raskin periode Januari-Maret 2013 disalurkan pada April 2013.

Setiap keluarga RTS akan menerima 45 hingga 60 kilogram raskin. Apabila harganya Rp 1.600 per kilogram, maka mereka menyediakan uang sebesar Rp 96 ribu.

Menurut dia, sembilan kabupaten/kota di Bengkulu hingga saat ini rata-rata sudah mengambil raskin. "Meskipun, belum seluruhnya, karena tergantung kesiapan administrasi dan uang tebus raskin," ujarnya.

Stok beras di gudang Bulog Bengkulu sekitar 5.600 ton, dan akan ditambah dari hasil pembelian beras lokal yang ditargetkan pada April sebanyak 200 ton.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila pembelian beras lokal di Bengkulu lancar, maka Bulog tidak akan memasok beras dari Pulau Jawa, yaitu dari Jawa Timur.

"Namun, apabila target pembelian setiap bulan tidak tercapai, maka tetap memasok beras dari luar daerah," ujarnya.

Sumber: Antara

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.