Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Tunggakan Raskin di Bengkulu

Kompas.com - 27/04/2013, 07:23 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Tidak ada tunggakan pembayaran beras bagi warga miskin (raskin) di Bengkulu, karena rumah tangga sasaran membayar secara kontan.

"Kami tidak mau mengambil risiko menyalurkan raskin tanpa dibayar kontan oleh keluarga dari rumah tangga sasaran (RTS)," kata Humas Divisi Regional Bulog Bengkulu, Hariswan di Bengkulu, Sabtu (27/4/2013).

Ia menjelaskan, pada 2013 raskin disalurkan setiap bulan rata-rata sekitar 182.361 ton untuk 121.574 RTS, sehingga saat ini sudah tersalur sebanyak 1.500 ton.

Bagi daerah penerima yang belum memiliki uang kontan, raskin tidak akan disalurkan terlebih dulu. Penyaluran raskin periode Januari-Maret 2013 disalurkan pada April 2013.

Setiap keluarga RTS akan menerima 45 hingga 60 kilogram raskin. Apabila harganya Rp 1.600 per kilogram, maka mereka menyediakan uang sebesar Rp 96 ribu.

Menurut dia, sembilan kabupaten/kota di Bengkulu hingga saat ini rata-rata sudah mengambil raskin. "Meskipun, belum seluruhnya, karena tergantung kesiapan administrasi dan uang tebus raskin," ujarnya.

Stok beras di gudang Bulog Bengkulu sekitar 5.600 ton, dan akan ditambah dari hasil pembelian beras lokal yang ditargetkan pada April sebanyak 200 ton.

Apabila pembelian beras lokal di Bengkulu lancar, maka Bulog tidak akan memasok beras dari Pulau Jawa, yaitu dari Jawa Timur.

"Namun, apabila target pembelian setiap bulan tidak tercapai, maka tetap memasok beras dari luar daerah," ujarnya.

Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com