Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak, Polisi dan Perampok Bank Terkapar

Kompas.com - 26/04/2013, 17:44 WIB
Syahnan Rangkuti

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com — Adegan baku tembak antara polisi dan perampok terjadi pada Jumat (26/4/2013) siang di Kecamatan Tapung, Kecamatan Kampar, Riau. Seorang polisi, Iptu Maryono, Kepala Pos Polisi Tapung, terluka cukup parah di bagian kepala karena pukulan gagang pistol, sementara seorang perampok yang namanya belum disebutkan mengalami luka tembak.

Berdsarkan informasi yang dikumpulkan Kompas dari RS Bhayangkara Pekanbaru, peristiwa itu bermula dari perampokan Bank BRI cabang Pantai Cermin (sekitar 30 km dari kota Pekanbaru) yang dilakukan oleh tiga pelaku menjelang pelaksanaan shalat Jumat. Kawanan perampok itu berhasil melumpuhkan petugas keamanan bank dan mengambil sejumlah uang yang belum diketahui jumlahnya.

Kawanan perampok itu kemudian bergegas meninggalkan bank dengan menggunakan mobil Toyota Avanza. Maryono yang mengetahui kejadian langsung mengejar perampok yang terjebak kemacetan di jalan lintas Pekanbaru-Petapahan.

Terjadi tembak-menembak antara Maryono dan perampok. Setidaknya perampok menembakkan lima peluru ke arah Maryono, tetapi tidak ada yang mengena. Sebaliknya, tembakan Maryono mengena ke salah seorang perampok. Maryono kemudian mengejar salah seorang perampok yang memegang pistol sehingga terjadi perkelahian sengit.

Upaya merebut pistol perampok itu rupanya berakibat fatal bagi Maryono. Seorang perampok lain membantu temannya dengan memukul kepala Maryono dengan gagang pistol berulang kali. Kepala Maryono robek dan terluka sangat parah. Dua kawanan perampok kemudian melarikan diri ke arah perkebunan kelapa sawit dan meninggalkan temannya yang terluka tembak.

Anak Maryono yang melintas di lokasi kejadian melihat bapaknya dalam kondisi terluka parah di dalam sebuah mobil yang diamankan oleh penduduk sekitar. Anaknya kemudian membawa bapaknya ke RS Eka Pekanbaru. Setelah mendapat pertolongan pertama, Maryono kemudian dirujuk ke RS Bhayangkara Pekanbaru.

Kepala Bidang Humas Polda Riau Ajun Komisaris Besar Hermansyah yang dihubungi pada Jumat sore belum dapat memberikan penjelasan rinci. Dia masih menunggu penjelasan dari Kepala Polres Kampar terlebih dahulu.

"Yang jelas memang ada perampokan di Bank BRI Pantai Cermin. Seorang petugas terluka dan seorang perampok tertembak. Namun, bagaimana kejadiannya dan berapa uang yang diambil, masih dalam proses penyelidikan," kata Hermansyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com