Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Periksa 5 Saksi Kaburnya Terpidana Teroris Basri

Kompas.com - 26/04/2013, 16:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Terpidana kasus terorisme, Basri alias Bagong alias Ayas, melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Ampana, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, Jumat (19/4/2013). Saat ini kepolisian masih melakukan pengejaran dan telah meminta keterangan terhadap lima saksi.

"Upaya-upaya yang telah dilakukan pemeriksaan terhadap yang terkait, terutama adalah beberapa petugas telah dimintai keterangan. Saat ini ada lima saksi yang diminta keterangan termasuk pihak keluarga," terang Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2013).

Basri melarikan diri setelah izin menengok istrinya yang sedang sakit. Saat itu Basri hanya ditemani seorang petugas lapas berinisial WS. Boy mengatakan, pihaknya juga menyelidiki dugaan kelalaian dari petugas lapas yang mengawasi Basri. "Ini masih dalam pemeriksaan dugaan-dugaan itu (kelalaian) pasti ada," katanya.

Untuk diketahui, Basri merupakan narapidana terorisme dalam kasus pembunuhan mutilasi terhadap tiga orang siswi SMA di Poso 2005. Dia juga terlibat peledakan bom dan penembakan seorang kepala desa di Poso. Setelah beberapa kali menjalani persidangan, Basri alias Bagong akhirnya divonis 19 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Desember 2007 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com