Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD: Penduduk Duga Buritan Kapal Bocor

Kompas.com - 18/04/2013, 02:45 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.Com — Belum ada pernyataan resmi penyebab tenggelamnya kapal motor pengangkut karyawan PT Kalamur di Sungai Mahakam, Loa Janan, Samarinda, Kalimantan Timur. Namun dari sejumlah kesaksian penduduk sekitar yang melihat proses tenggelamnya kapal, diduga ada kebocoran pada bagian buritan kapal.

“Tim Kaji Cepat BPBD tentu juga mencari informasi selain para korban. Para penduduk yang ditemui tim kami kebetulan ada di sekitar tempat kejadian. Mereka mengatakan proses tenggelamnya kapal adalah seperti tersedot pada bagian belakang terlebih dahulu. Bisa jadi seperti ada yang bocor pada bagian belakang,” papar Koordinator Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Provinsi Kalimantan Timur, Hakes, Rabu (17/4/2013) malam.

Kapal mengangkut 50 karyawan Kalamur dari seberang Sungai Mahakam menuju Kecamatan Loa Janan. Penyeberangan, tutur Hakes, biasanya ditempuh paling lama 30 menit saja. Pada jarak 10 meter sebelum tempat berlabuh, kapal perlahan tampak tenggelam. “Penumpang kapal kebanyakan adalah wanita,” kata Hakes.

Sejak insiden terjadi, tim gabungan segera melakukan evakuasi korban selamat dan mencari yang hilang. Hingga saat ini, sejumlah 14 penumpang dinyatakan selamat. Dua ditemukan meninggal dunia, satu orang kritis, dan sekurangnya 33 orang lain masih dalam pencarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com