Kompas.com - 17/04/2013, 20:52 WIB
Penulis Iwan Santosa
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, 41 orang masih dinyatakan hilang terbawa arus deras Sungai Mahakam. Satu orang meninggal dan delapan orang selamat.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, korban meninggal adalah Nurhayati (41).

Menurut Sutopo, para penumpang perahu penyeberangan itu adalah buruh pabrik pengolahan kayu PT Kalamur.

"Tidak adanya manifes menyebabkan data penumpang hanya perkiraan. Kapal tersebut secara rutin menyeberangkan karyawan dari seberang Sungai Mahakam ke seberang lainnya," ujar Sutopo.

Lokasi musibah berada di wilayah Samarinda Seberang, Kelurahan Harapan Baru, Kecamatan Loa Janan Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kapal diperkirakan bocor saat mau menyeberang Sungai Mahakam untuk mengangkut karyawan.

Menurut Sutopo, saat ini, BPBD Provinsi Kalimantan Timur dan BPBD Kota Samarinda siaga di lapangan bersama Orari, Basarnas, Satpol PP. Peralatan perahu karet dan speedboat telah di turunkan ke Sungai Mahakam.

Evakuasi, kata Sutopo, untuk sementara dihentikan karena arus deras dan angin kencang. Pencarian dilanjutkan besok pagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.