Kompas.com - 16/04/2013, 16:00 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BATU, KOMPAS.com - Sebanyak 103 peserta ujian paket C, di Kota Batu Jawa Timur, tidak ikut Ujian nasional (UN) akibat waktunya berbenturan dengan masa panen. Dipastikan, 103 orang tersebut dinyatakan tidak lulus.

Di Kota Batu, total peserta UN paket C sebanyak 457 orang. "Secara tegas, yang tidak hadir di UN, tidak lulus. Mereka, bisa ikut ujian tahun depan," kata Mariaji, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kota Batu, Selasa (16/4/2013).

"Mayoritas sibuk kerja di sawahnya, karena sekarang katanya masa panen. Mayoritas peserta paket C adalah petani di Kota Batu," kata pria yang juga koordinator pelaksanaan UN paket C Kota Batu.

Adapun peserta UN paket C di Kota batu terdiri dari 19 lembaga pendidikan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dan pondok pesantren (PP). "Sebanyak 5 PKBM dan 13 Pondok Pesantren," katanya.

Dalam ujian, tambah Mariaji, tidak ada bedanya dengan ujian sekolah formal lainnya. "Jadwalnya sama. Dari Bahasa Indonesia, Inggris, IPS, IPA dan Matematika. Untuk naskah soalnya ada 20 jenis," katanya.

Pelaksanaan UN paket C di Kota Batu dilaksanakan di empat sekolah dasar, yakni di SDN Sisir 1, 2,5 dan SMP PGRI Batu. "Ujiannya dijaga oleh 26 orang pengawas," ujar Mariaji.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X