Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Don Nomor Satu, Bibit Nomor Dua dan Ganjar Nomor Tiga

Kompas.com - 16/04/2013, 13:19 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2013-2018 melakukan pengambilan nomor urut di Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Tengah, Selasa (16/4/2013).

Pasangan yang mendapatkan nomor urut satu yakni Hadi Prabowo dan Don Murdono. Sedang pasangan yang mendapatkan nomor urut dua yakni Gubernur petahana Bibit Waluyo yang berpasangan dengan Sudijono Sastroatmodjo. Sedangkan pasangan yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko mendapatkan nomor urut tiga.

Penetapan nomor urut ini dilakukan dengan cara diundi melalui rapat pleno terbuka yang diselenggarakan di Kantor KPUD Jawa Tengah. Pada kesempatan tersebut, ketiga pasangan calon juga melakukan penandatangan pernyataan untuk melakukan kampanye secara bermartabat berdasarkan jadwal yang sudah diatur. Pasangan calon juga menyatakan akan menyampaikan informasi seluasnya terkait visi dan misinya.

Ketua KPU Daerah Jawa Tengah M. Fajar Subhi A.K Arif mengatakan tahapan selanjutnya KPU setelah pengundian nomor urut yakni persiapan logistik untuk pemilihan gubernur 26 Mei mendatang. Sedang debat pasangan calon akan diselenggarakan dalam tiga kali yakni 10 Mei, 14 Mei dan 22 Mei mendatang.

Sebelumnya, KPUD Jawa Tengah telah menetapkan tiga pasangan calon yang akan bertarung dalam pilgub. Ketiga pasangan calon yakni Gubernur Petahana Bibit Waluyo yang berpasangan dengan Sudijono Sastroatmodjo. Pasangan ini diusung koalisi tiga partai yakni Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Ganjar Pranowo berpasangan dengan Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Pasangan berikutnya yakni Sekda Provinsi Jawa Tengah Hadi Prabowo yang berpasangan dengan Bupati Sumedang Don Murdono. Keduanya diusung enam partai koalisi PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, Hanura dan PKNU. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com