Kompas.com - 14/04/2013, 13:33 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorGlori K. Wadrianto

SOLO, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri angkat bicara mengapa memilih pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Setelah keputusannya memilih Ganjar-Heru, Megawati mengaku ditanya banyak orang mengapa memilih keduanya. Bahkan, kata Megawati, banyak komentar negatif bahwa dirinya tidak memperhitungkan dengan matang dalam mengambil keputusan.

"Inilah waktunya saya untuk menepis hal-hal yang sangat negatif. Tentu telah dipikirkan secara matang," kata Megawati ketika acara deklarasi Ganjar-Heru di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (14/4/2013).

Deklarasi sekaligus apel siaga itu dihadiri Ganjar-Heru, Sekjen DPP Tjahjo Kumolo, Ketua DPP Puan Maharani, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, walikota/bupati di Jateng asal PDIP, para pengurus DPP, anggota Fraksi PDIP di DPR dan DPRD Jateng, serta puluhan ribu kader PDIP di Jateng.

Megawati mengaku telah mendengarkan masukan dari pengurus PDIP Jateng hingga anak ranting sampai akhirnya memilih Ganjar-Heru. Megawati tidak secara spesifik memberikan alasan mengapa memilih Ganjar-Heru.

Namun, adapun alasan mengapa tidak lagi mengusung Bibit Waluyo dan Rustriningsih, Megawati mengatakan, kondisi lima tahun lalu tidak lagi sama dengan saat ini. Bibit, kata dia, sudah diusung Partai Demokrat.

"Kalau masih ada yang ragu, masih ada yang katakan Pak Bibit dipilih PDIP, maka saya sebagai Ketua Umum akan katakan bawah Pak Bibit datang dari Partai Demokrat. Ini mesti dikasih tahu, tidak boleh sembunyi-sembunyi," kata Megawati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Puan Maharani mengatakan, setelah diputuskan, para pengurus partai dan kader PDIP Jateng sudah bekerja menyosialisasikan Ganjar-Heru serta program kepada masyarakat Jateng. "Kami siap menjadi garda terdepan mengamankan rekomendasi Ketum untuk berjuang sampai tetes darah penghabisan bersama rakyat Jateng memenangkan Ganjar-Heru," kata Puan.

Seperti diberitakan, Ganjar-Heru akan bertarung dengan dua pasangan lain. Mereka, yakni Bibit Waluyo- Sugiono Sastroatmodjo (diusung PAN, Golkar, dan Partai Demokrat) serta Hadi Prabowo-Don Murdono (diusung Gerindra, PKS, PPP, Hanura, PKNU dan PKB). Pemungutan suara akan dilakukan pada 26 Mei 2013.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X