Kompas.com - 13/04/2013, 16:13 WIB
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyebab pesawat Lion Air jurusan Bandung-Denpasar tergelincir ke laut saat akan mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, Sabtu (13/4/2013), belum diketahui. Pesawat diketahui berangkat dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung, pukul 12.48 WIB, dan peristiwa tergelincirnya pesawat terjadi pukul 15.35 Wita.

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait, seperti dikutip Tribunnews.com, mengakui peristiwa ini.  

“Memang benar ada kejadian itu. Namun, penyebabnya apa belum pasti. Informasi awal, pesawat sebelumnya sudah di runway. Entah mengapa, kok, bablas ke laut,” kata Edward.

Sementara itu, berdasarkan data manifes penumpang, menurut Edi, ada 101 penumpang.

“Berapa yang luka, selamat, dan seperti apa, saya belum terima laporan. Ini masih menunggu karena kondisi di sana juga masih crowd. Masih proses evakuasi,” katanya.

Sementara itu, sebelumnya, Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmade mengungkapkan, berdasarkan data manifes penumpang yang diperoleh, penumpang Lion Air terdiri dari 168 orang dewasa, 3 anak-anak, 1 bayi, dan 7 kru pesawat.

"Semua sudah berada di Bandara Ngurah Rai untuk pengecekan kesehatan," kata Gede, seperti disampaikan dalam wawancara dengan TVOne, Sabtu sore.

Menurut Gede, pesawat terbelah persis di bagian belakang sayap. Posisi pesawat berada di bibir pantai sehingga tidak menyulitkan proses evakuasi. Diduga, kecelakaan terjadi karena pesawat gagal mendarat. 

Seperti diberitakan, pesawat Lion Air penerbangan Bandung-Denpasar tergelincir di ujung landasan dan masuk ke laut sekitar pukul 15.10 Wita saat melakukan pendaratan, Sabtu. Hal itu disampaikan Alfansyah dari bagian Humas Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.