Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eggi Bawa 1,2 Juta KTP Dukungan Warga Jatim

Kompas.com - 11/04/2013, 13:33 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Bakal calon gubernur Jawa Timur dari jalur independen, Eggi Sudjana, mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim dengan membawa 1,2 juta KTP pendukung. Jumlah itu melebihi ketentuan KPU, yakni sebesar 3 persen dari total penduduk Jatim sekitar 40 juta jiwa.

Jumlah dukungan KTP itu, kata Eggi, dikumpulkan dari 33 kabupaten/kota di Jatim. Sebaran dukungan itu juga melebihi syarat KPU Jatim, sebesar 20 kabupaten/kota di Jatim.

Saat menyerahkan dukungan KTP secara simbolis kepada Ketua KPU Jatim, Ahmad Andre Dewanto, Eggi berpesan agar KPU lebih amanah dan profesional dalam menjalankan tugasnya. ''Kebanyakan kecurangan pilkada bermuara dari KPU, saya harap kecurangan pilgub tidak terjadi di Jatim,'' katanya.

Dia menegaskan, dirinya murni didukung rakyat Jatim dan tidak memiliki dukungan finansial dari pihak mana pun. ''Rakyat Jatim percaya kepada KPU Jatim dalam menjalankan proses pilgub secara jujur, adil, dan bebas dari tekanan pihak mana pun,'' tegasnya.

Eggi Sudjana bersama wakilnya, Sihat, mendaftar ke KPU Jatim tepat pada hari terakhir masa pendaftaran cagub nonpartai, Kamis (11/4/2013). Sementara masa pendaftaran calon yang diusung partai atau gabungan partai akan dibuka pada 13-19 Mei mendatang.

Majunya warga Jawa Barat yang juga Presiden Suara Independen Rakyat Indonesia (SIRI) sebagai cagub Jatim ini didukung sejumlah elemen, seperti Kongres Advokat Indonesia Jatim, Laskar Pancasila Jatim, Pekerja Muslim Indonesia, dan Pos Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com