Kompas.com - 09/04/2013, 20:25 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

KEBUMEN, KOMPAS.com - Kebijakan Pemerintah Kebumen, Jawa Tengah, membatasi pembelian solar bersubsidi sebanyak 20 liter per hari diharapkan mampu mengantisipasi penimbunan solar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Pihak Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) juga diminta mewaspadai pembelian solar secara berulang-ulang menggunakan kendaraan maupun jerigen.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Kebumen Agung Patuh, Selasa (9/4/2013) mengatakan, kebutuhan masyarakat akan solar bersubsidi sangat tinggi. Bahkan di lapangan, solar sebanyak 8 kilo liter bisa ludes dalam waktu 3-4 jam.

"Kebijakan pembatasan pembelian dilakukan untuk memastikan subsidi tepat sasaran. Diharapkan juga menekan peluang penimbunan solar," jelasnya.

Sales Representatif BBM Retail Rayon 5 PT Pertamina Persero Angga Yudi W, mengatakan kelangkaan solar yang terjadi di hampir semua wilayah di Jawa Tengah tersebut, dikarenakan adanya pengurangan alokasi yang sebenarnya sudah dilakukan sejak awal tahun 2013.

"Strategi itu dilakukan sebagai upaya antisipasi saat kebutuhan solar meningkat, seperti saat Lebaran " ungkapnya.

Pada bulan maret 2013, pihaknya telah menyalurkan 2.136 kilo liter solar bersubsidi di Kebume. Yang berarti selisih 190 KL, dibandingkan dengan penyaluran solar pada bulan Maret 2012 yang mencapai 2.326 KL. Banyaknya pembeli yang datang dari luar Kebumen menyebabkan solar semakin cepat habis.

"Penyaluran solar bersubsidi dari Pertamina untuk SPBU di wilayah Kebumen, sejak 1-7 April sebanyak 488 kilo liter atau kisaran 70 kilo liter per hari. Untuk bulan April, akan disalurkan sebanyak 2.040 kilo liter," jelasnya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.