Kompas.com - 09/04/2013, 16:17 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com - Polsek Denpasar Timur mengamankan seorang dukun berusia 19 tahun yang menipu korban dengan kesaktian palsunya. Tersangka bernama Nurhadi menipu korbannya, I Gusti Made Ngurah Suarsa (40) dengan cara menakut-nakuti korban bahwa rumahnya dihinggapi kekuatan gaib yang membahayakan.

"Tersangka mengatakan kepada korban bahwa di rumah korban ada barang gaib, dan apabila barang gaib itu tidak diambil, maka korban sekeluarga akan mati, dan tersangka mengatakan bisa mengambilnya secara gaib," ujar Kanit Reskrim Polsek Dentim, Iptu Wahyu Setyo di Denpasar, Selasa (9/4/2013).

Meski baru mengenal tersangka, korban langsung percaya ucapannya dan meminta bantuan tersangka untuk menghilangkan kekuatan gaib tersebut. Tersangka kemudian memberi petunjuk dengan cara membuntel uang kertas Rp 300.000 dan Rp 2.000 serta uang logam Rp 1.000 dan Rp 200 dengan dibungkus kapas, lalu diletakkan di atas pintu.

Rupanya, saat akan meletakkan buntelan uang tersebut di atas pintu, tersangka dengan cepat menukarnya dengan buntelan benang dan 5 pucuk kembang jepun merah. Keesokan harinya, Ngurah mengecek buntelan berisi yang awalnya berisi uang tersebut. Ternyata buntelan itu diganti isinya oleh tersangka.

Merasa tertipu, korban langsung melaporkan kejadian ini ke polisi pada Minggu (7/4/2013). Tersangka yang ternyata bekerja sebagai buruh bangunan ini ditangkap pada Senin (8/4/2013) kemarin. Kini harus tersangka mendekam di sel Mapolsek Dentim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.