Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Suap, Bea Cukai Bali Akan Pasang CCTV

Kompas.com - 09/04/2013, 04:33 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Untuk mencegah aksi suap-menyuap seperti dalam video "Bribes To Customs Official Ngurah Rai", Bea Cukai Ngurah Rai, Bali, akan memasang CCTV di semua unit layanan Bea dan Cukai Bandara Ngurah Rai. CCTV ini baru akan beroperasi pada 1 Juli 2013, bertepatan dengan peresmian bangunan baru bandara.

"Dengan bantuan teknologi itu, kami harapkan bukan saja kami bisa memantau terjadi suap-menyuap, sampai-sampai pegawai ngantuk pun kami bisa deteksi dari CCTV itu," ujar Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Ngurah Rai, Made Wijaya, di kantornya, Senin (8/4/2013). Dia mengatakan, pemasangan CCTV itu untuk meyakinkan dan menjamin "skandal" yang direkam oleh turis Belanda bernama Van Der Spek itu tak terulang, bahkan pegawai yang mengantuk pun akan terkontrol dari ruang pimpinan.

Sebelum mengaktifkan CCTV, saat ini, di semua unit pelayanan Bea Cukai, sudah dipasangi banner yang berisi imbauan untuk tidak memberi tips kepada petugas Bea Cukai. Seperti diberitakan, setelah sebelumnya membuat video "Korupsi Polisi di Bali" kini Van Der Spek membongkar praktik suap petugas Bea Cukai Ngurah Rai, Bali, dengan video berjudul "Bribes To Customs Official Ngurah Rai". Video berdurasi 2 menit 39 detik ini diunggah ke Youtube dengan akun yang sama, gil4sekali, pada 4 April 2013 atau tiga hari setelah mengunggah video "Polisi Korupsi di Bali".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com