Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua PPP Gelar Panen Raya di Jombang

Kompas.com - 08/04/2013, 13:01 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JOMBANG, KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suryadharma Ali menggelar panen raya di Desa Watugaluh, di Kecamatan Diwek, Jombang, Jawa Timur, pada hari Senin (8/4/2013). Panen raya ini merupakan komitmen untuk memperjuangkan nasib para petani.

"Kami akan buat gerakan dari bawah. PPP akan mendirikan Paguyuban Petani Penyanggah Ketahanan Pangan Indonesia (PPP-KPI). Gerakan akan menjadi bukti keberpihakan PPP kepada para petani," ujar Suryadharma Ali, Senin siang, ditemui di Jombang. Suryadharma Ali mengatakan, jumlah petani itu merupakan profesi dengan persentase terbanyak di Indonesia. "Petani harus bangkit. Kalau pasar kita dipenuhi beras impor maka nilai tukar petani anjlok," ujar dia.

Suryadharma Ali berharap petani memenuhi kebutuhan pangan Indonesia. "Jadi kalau bisa malah ekspor," ujarnya. Petani Desa Watugaluh, Affandi mengatakan, banyak hal mendasar yang membebani petani. Dia ntaranya adalah kelangkaan pupuk. "Padahal mahal pun tak masalah, asal pupuknya tersedia. Mahal itu urusan kesekian," ujar Affandi.

Areal persawahan di Watugaluh pun, kata petani setempat, maksimal baru dapat dua masa tanam. Ada bulan-bulan dimana jaringan irigasi teknis kering sehingga warga terpaksa menanam palawija. Di Watugaluh, juga tidak semua petani menanam padi sebab sebagian memilih menanam tebu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com