Kompas.com - 07/04/2013, 23:08 WIB
|
EditorFarid Assifa

BANDUNG, KOMPAS.com — Longsor di Kampung Pasirkuntul RT 03 RW 02, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (7/4/2013), membuat rel kereta api penghubung Bandung dan Jakarta yang berada tepat di atas tanah longsor menggantung.
 
Longsor sendiri terjadi sekitar pukul 15.00 WIB setelah hujan deras yang mengguyur daerah tersebut. "Memang benar longsor di Desa Bojongkoneng mengakibatkan jalur rel kereta api tergantung," ucap Camat Ngamprah, Kusnindar, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Minggu (7/4/2013).

Dihubungi terpisah, salah seorang warga Desa Bojongjoneng, Agus (45), mengungkapkan, panjang longsoran diprediksi 20 meter dengan ketinggian sekitar 30 meter. Diungkapkannya, saat terjadi longsor, ia merasakan getaran seperti gempa bumi yang cukup besar.

"Saat kejadian, terasa sekali ada getaran tanah. Setelah itu, saya mencari sumbernya dan ternyata ada longsoran di bawah rel kereta api," jelasnya.

Tidak lama kemudian, lanjutnya, warga langsung melaporkan bencana itu ke pihak PT KAI dan tak begitu lama, petugas dari PT KAI pun datang untuk memperbaiki rel dengan bantuan warga sekitar. Namun, karena jalur longsoran sangat tinggi, rel tersebut sulit diperbaiki.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.