Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor di Bandung Barat, Rel Kereta Tergantung

Kompas.com - 07/04/2013, 23:08 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Longsor di Kampung Pasirkuntul RT 03 RW 02, Desa Bojongkoneng, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (7/4/2013), membuat rel kereta api penghubung Bandung dan Jakarta yang berada tepat di atas tanah longsor menggantung.
 
Longsor sendiri terjadi sekitar pukul 15.00 WIB setelah hujan deras yang mengguyur daerah tersebut. "Memang benar longsor di Desa Bojongkoneng mengakibatkan jalur rel kereta api tergantung," ucap Camat Ngamprah, Kusnindar, saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Minggu (7/4/2013).

Dihubungi terpisah, salah seorang warga Desa Bojongjoneng, Agus (45), mengungkapkan, panjang longsoran diprediksi 20 meter dengan ketinggian sekitar 30 meter. Diungkapkannya, saat terjadi longsor, ia merasakan getaran seperti gempa bumi yang cukup besar.

"Saat kejadian, terasa sekali ada getaran tanah. Setelah itu, saya mencari sumbernya dan ternyata ada longsoran di bawah rel kereta api," jelasnya.

Tidak lama kemudian, lanjutnya, warga langsung melaporkan bencana itu ke pihak PT KAI dan tak begitu lama, petugas dari PT KAI pun datang untuk memperbaiki rel dengan bantuan warga sekitar. Namun, karena jalur longsoran sangat tinggi, rel tersebut sulit diperbaiki.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com