Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedubes AS Gelar Pelatihan Jurnalistik di Ambon

Kompas.com - 03/04/2013, 17:17 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com -- Kedutaan Besar Amerika Serikat bekerja sama dengan Unveristas Pattimura, Ambon, menggelar pelatihan jurnalistik kepada belasan jurnalis dari berbagai media di Ambon, Rabu (3/4/2013). Kegiatan tersebut digelar guna meningkatkan kapastitas, kemampuan dan profesionalisme jurnalis.

Kegiatan yang dipusatkan di ruang Rapat Senat Universitas Pattimura ini rencananya akan digelar selama dua hari. Selain mendapatkann materi teknik peliputan dan wawancara yang baik, peserta juga diajarkan tentang cara melakukan teknik wawancara dengan baik dan menjadi seorang jurnalis yang profesional.

Trainer tunggal dalam pelatihan ini yakni salah satu wartawan senior yang juga pernah bekerja di koran Kompas, yakni Hary Suryadi.

Humas Konsulat Jenderal Kedutaan Besar Amerika, di Surabaya, Andrew Veveiros kepada Kompas.com di sela pelatihan mengatakan, kegiatan ini merupakan program kerja kedutaan guna meningkatkan profesionalisme wartawan di Ambon. Sebelum di Ambon, Andrew mengatakan, pelatihan yang sama juga digelar di kedutaan Amerika di Kota Medan beberapa waktu lalu, dan akan dilanjutkan ke beberapa kota lainnya di indonesia.

"Ini kedua kalinya kami melakukan kegiatan ini, sebelumnya kami melakukannya di Medan. Setelah ini kita akan lakukan lagi di tempat lain," ujar Andrew.

Dia berharap, pelatihan ini nantinya dapat meningkatkan lagi kemampuan peserta dalam menekuini tugas jurnalistik.

"Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi peserta," katanya singkat.

Pembantu Rektor IV, Prof. Dr. Bob Mosse dalam sambutannya menilai pelatihan jurnalis yang digelar Kedutaan Amerika Serikat merupakan kegiatan yang sangat baik guna mengasah kemampuan wartawan di lapangan.

Ia pun mengajak para peserta untuk menyimak secara seksama setiap materi yang dipaparkan narasumber, sehingga output yang dihasilkan dapat meningkatkan profesionalisme jurnalis di Ambon.

"Ini tentunya kegiatan yang sangat penting, sehingga kami mengharapkan peserta dapat mengikutinya dengan baik," kata Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com