Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Supadio Pontianak Diperluas

Kompas.com - 01/04/2013, 17:18 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com- Terminal penumpang dan landasan baru mulai dibangun di Bandar Udara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat dengan anggaran Rp 1,6 triliun. Pembangunan diperkirakan selesai pada 2016.

General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Pontianak Chandra Dista Wiradi, Senin (1/4/2013), menuturkan, perluasan terminal dan landasan baru akan meningkatkan kapasitas penumpang hingga 3,5 juta orang per tahun pada 2016.  Saat ini, jumlah penumpang sudah mencapai 2 juta orang per tahun.

"Jumlah penumpang di Supadio terus meningkat setiap tahun dan perluasan terminal serta pembangunan landasan baru akan memberi solusi atas peningkatan jumlah penumpang itu," ujar Chandra.

Saat ini, pembangunan terminal baru sedang dikerjakan secara bertahap. Landasan baru sepanjang 3.000 meter akan dibuat sejajar dengan landasan yang saat ini digunakan. Landasan baru itu memungkinkan untuk digunakan oleh pesawat yang lebih besar dibandingkan pesawat yang saat ini melayani penerbangan dari dan ke Pontianak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com