Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PENDIDIKAN

Siswa SMK Bisa Latihan UN Mandiri

Kompas.com - 30/03/2013, 03:05 WIB

Bandung, Kompas - Mulai Sabtu (30/3), siswa-siswa sekolah menengah kejuruan di seluruh Indonesia bisa latihan ujian nasional mandiri secara daring. Latihan soal UN SMK bidang normatif bisa diakses pada laman www.siapbelajar.com atau www.tryout-un.com, gratis.

Laman itu hasil kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Harian Kompas-STV (Kompas TV) Bandung. ”Ini bisa dimanfaatkan gratis oleh siswa,” kata Kepala Diskominfo Jabar Dudi Sudrajat pada peluncuran laman, Kamis (28/3), di Balai Pertemuan Umum UPI Bandung. Turut hadir Wakil Rektor UPI Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan Dadang Sunendar.

Dari Semarang, Jawa Tengah, seruan kejujuran dalam ujian nasional diserukan. ”Semua harus kerja jujur. Syarat UN juga memperhitungkan nilai rapor sehingga buat apa berbuat curang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto.

Di Jateng, sebanyak 1.477.441 siswa dari tingkat SD hingga SMA/SMK terdaftar sebagai peserta UN tahun 2013. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jateng tidak menargetkan angka kelulusan.

Selain rata-rata nilai akhir minimal 5,5 dan tak boleh ada angka 4,0, nilai UN nantinya berbobot 0,6 untuk menentukan kelulusan. Sisanya, bobot 0,4, merupakan hasil nilai rapor. Tahun ini juga tidak diadakan UN ulangan, hanya ada UN susulan jika siswa berhalangan.

Adapun perguruan tinggi, sebagai pihak yang akan menerima lulusan SMA/SMK, kata Nur Hadi, juga takkan gegabah. Pihak PTN/PTS yang akan mengawasi UN pasti juga menginginkan lulusan dengan kualitas terbaik.

Koordinator Pengawasan UN Kabupaten/Kota se-Jateng, Sugiyanto, dari Universitas Negeri Semarang, menyebutkan, ada sekitar 1.000 pengawas dari 12 PTN dan 61 PTS yang akan mengawasi penyelenggaraan UN. Tim pengawas mulai bertugas sejak soal UN didistribusikan. (DMU/UTI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com