Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Kamis Putih, Polisi Sisir 133 Gereja

Kompas.com - 28/03/2013, 13:02 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Menjelang rangkaian perayaan Paskah yang dimulai dengan ibadah Kamis Putih hingga Sabtu Malam Paskah, jajaran Polres Karanganyar melakukan penyisiran terhadap sejumlah gereja yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (28/3/2013).

Penyisiran bertujuan untuk menjamin keamanan umat Kristiani selama menjalani rangkaian perayaan Paskah. Tampak petugas kepolisian mulai melakukan penyisiran di Gereja Katolik Santo Pius yang terletak di Jalan Lawu, Karanganyar, dengan menggunakan peralatan metal detector serta anjing pelacak. Altar dan setiap sudut gereja tak luput dari pemeriksaan petugas.

Sementara itu, menurut Kasubag Bin Ops Polres Karanganyar, AKP Suparmi, dalam rangka mengamankan perayaan Paskah, seluruh gereja di wilayah Karanganyar akan disisir untuk mengantisipasi adanya tindakan teror selama perayaan. "Tidak hanya gereja yang memiliki jemaat yang banyak, tetapi juga gereja-gereja kecil juga akan kita beri pengamanan," katanya kepada wartawan.

Sementara itu, pada tahun 2013 ini, Polres Karanganyar mengerahkan kurang lebih 300 personil, ditambah dari anggota TNI dan beberapa ormas turut ambil bagian untuk mengamankan gereja.

Selain Gereja Santo Pius, polisi juga melakukan penyisiran di Gereja Katolik Santa Stefanus di Cangakan, Gereja GKJ Kismorejo dan GKJ di Cangakan. Total gereja yang disisir adalah 133 gereja yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com