Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Kandidat Cabup Lumajang Serbu KPU Jatim

Kompas.com - 27/03/2013, 18:47 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim di Jalan Raya Tenggilis Surabaya, Rabu (27/3/2013), dikepung massa pendukung kandidat calon pasangan bupati dan wakil bupati Lumajang Ali Mudhori-Samsul Hadi (ASA).

Massa menuntut KPU Jatim mengesahkan pasangan ASA karena telah mendapatkan rekomendasi resmi dari DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Massa yang datang membawa puluhan bus dan truk itu memasang poster kecaman kepada KPU Jatim agar melakukan tugasnya sesuai UU.

Kandidat cabup Lumajang yang ikut dalam aksi tersebut menyayangkan sikap KPU Jatim yang menunda proses penetapan pasangan cabup yang harusnya dilakukan pada 23 Maret lalu. ''Kenapa harus ditunda, kami ini sudah resmi cabup yang dapat rekomendasi resmi dari PKB,'' ujarnya.

Beberapa perwakilan pengunjuk rasa, termasuk Ali Mudhori sempat ditemui Ketua KPU Jatim Andre Dewanto dan beberapa komisioner. Pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu berlangsung panas. Bahkan perwakilan pengunjuk rasa sempat menggebrak meja pertemuan.

Aksi berakhir setelah pihak pengunjuk rasa dan KPU Jatim menemukan solusi atas permasalahan tersebut. ''Solusinya, kami besok akan ke Jakarta membahas penetapan pasangan calon peserta Pilkada Lumajang dengan KPU Pusat, dan keputusannya akan disampaikan pada 29 Maret mendatang,'' ujar Ketua KPU Jatim, Andre Dewanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com