Komplotan Bersenjata Sasar Pegadaian, Kerugian Rp 1,84 Miliar

Kompas.com - 23/03/2013, 02:44 WIB
Editor

Jumat (22/3) siang sekitar pukul 10.40, salah satu kantor cabang pegadaian kembali menjadi sasaran komplotan perampok. Kantor Cabang Pegadaian di Jalan Percetakan Negara V, Jakarta Pusat, disatroni enam perampok bersenjata api.

Keenam perampok itu datang dari arah Johor. Mereka berboncengan menggunakan tiga sepeda motor. Begitu berhenti tepat di depan kantor, seorang perampok langsung melepaskan dua kali tembakan ke udara.

Hal ini langsung mengagetkan kedua petugas satuan pengamanan (satpam), yakni Krismianto (25) dan Zakaria (26), yang pada waktu itu berada di dalam gerbang kantor. Krismianto pun segera berlari keluar gerbang, tetapi langsung dihajar salah seorang anggota komplotan itu dan diceburkan ke dalam saluran drainase.

”Setelah mendengar tembakan dan melihat petugas satpam itu dibanting ke saluran drainase, saya pun memilih sembunyi di pos penjagaan PT N yang berada di depan kantor ini,” papar Priyono, warga setempat yang menyaksikan kejadian itu.

Zakaria yang berada di dalam gerbang pun bernasib sama dengan Krismianto. Ketika dia berupaya meminta pertolongan, dia pun dibekuk dan diborgol komplotan itu. Zakaria pun dibawa empat perampok ke dalam kantor itu. Adapun dua perampok lain yang berada di luar bersiaga.

Di dalam kantor, para pelaku menggunakan sebuah tong sampah berbahan stainless steel untuk memecahkan kaca loket pegadaian.

Kedua karyawan pegadaian, yakni Trisna (44) dan Ivan yang ketakutan, kemudian bersembunyi di ruang brankas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Setelah pelaku berhasil meminta kunci brankas, mereka menyekap kedua karyawan berserta seorang petugas satpam. Mereka mengambil uang dan emas yang berada di dalam brankas tersebut,” kata Karmani, Manajer Bisnis Pegadaian Kanwil VIII.

Kerugian Rp 1,84 miliar

Menurut keterangan dari Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Pegadaian Cabang Percetakan Negara diperkirakan mengalami kerugian Rp 1,84 miliar.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.