Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Papua Beri Santunan Korban Bentrok Pendulang

Kompas.com - 21/03/2013, 15:24 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com - Kepala Polda Papua, Irjen Tito Karnavian didampingi Kepala Polres Mimika, AKBP Jermias Rontini, bersama rombongan mengunjungi kediaman Yosef Batfian, salah seorang korban dalam bentrokan antarpendulang, di Jalan Bougenville, Jalur 4, Kamis (21/3/2013) pagi.

Dalam kunjungan tersebut, Tito menyerahkan santunan dari Polda Papua kepada pihak keluarga. Tito Karnavian tiba di Timika pagi tadi, setelah seminggu lalu menyelesaikan disertasi doctoral di Universitas Nanyang, Singapura.

Saat tiba di rumah duka, Tito menerima kalungan kain tenun Tanimbar dari Laiyan Konstatinus, Ketua Kerukunan Maluku Tenggara Barat di Timika sebagai simbol menjadi warga adat Maluku Tenggara Barat.

Kepada puluhan warga Maluku Tenggara Barat yang berkumpul di rumah duka, Tito mengimbau agar mereka menahan diri dan tidak melakukan gerakan tambahan, sehingga suasana bisa kembali kondusif.

Saat ini, menurut Tito, aparat kepolisian sedang melakukan investigasi dan berupaya menangkap pelaku penganiayaan yang mengakibatkan enam warga meninggal dunia.

Menurut Tito, kondisi kemasyarakatan di Kota Timika yang heterogen, didiami warga dari berbagai ragam suku di Indonesia menimbulkan pontensi konflik yang tinggi.

Tito berharap semua pihak toleran, bisa menghargai satu sama lain sehingga tercipta kehidupan bersama yang aman. "Kalau ada potensi konflik cepat kita cegah, itu menjadi tugas dari aparat kepolisian dan TNI. Ada ribut-ribut cepat diselesaikan, kalau sudah terjadi insiden diupayakan jangan sampai meluas, kalau sudah ada korban cepat diredam, jangan sampai meluas dan korban semakin banyak. Kalau korban yang jatuh banyak sulit untuk memulihkan karena masing-masing menyimpan dendam," papar Tito.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com