Kompas.com - 21/03/2013, 08:02 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com -   Kalla Group mengincar proyek monorel di Sulawesi. Melalui anak usahanya yakni PT Makassar Metro Monorail, Kalla Group melakukan studi kelayakan alias feasibility studies atas proyek monorel di Sulawesi Selatan.

Fatimah Kalla, Direktur Utama Kalla Group mengatakan, panjang jalur monorel di Sulawesi ini sekitar 27,8 kilometer (km). "Hasil studi diperkirakan selesai Juni 2013 ini," ujarnya kepada KONTAN beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, proyek yang nilainya ditaksir mencapai Rp 3 triliun ini sudah bisa bergulir mulai 2014 mendatang.

Menurut Fatima, pihaknya bisa saja menjalin mitra dengan pihak lain untuk menggarap proyek tersebut. Namun, ia belum tahu siapa calon mitra dan mekanisme bisnis yang akan terjalin. Ia akan menunggu pembukaan lelang proyek dari pemerintah daerah setempat terlebih dahulu.

Selain di Sulawesi, sebut Fatimah, pihaknya juga telah melakukan pembicaraan awal dengan sejumlah pemerintah daerah lainnya. "Bandung dan Surabaya juga katanya tertarik untuk bikin monorel, dan kami sudah berbicara mengenai hal ini," tuturnya.

Namun, hal itu sifatnya masih prematur. Sehingga, saat ini pihaknya akan fokus dulu terhadap studi kelayakan proyek monorel yang di Sulawesi.

Terkait proyek monorel Jakarta, Kalla Group mengaku tidak maju ataupun mundur dari proses akuisisi saham Jakarta Monorail (JM). Pasalnya, grup perusahaan milik mantan Wakil Presiden M. Jusuf Kallla ini tidak pernah secara resmi menyatakan bersedia mengakuisisi saham JM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketika itu kami ditawari, dan kami bilang akan lakukan feasibility studies," jelas Fatimah.

Namun, ketika pihaknya meminta data sebagai bahan valuasi, manajemen Jakarta Monorail enggan memberikannya. Fatimah tidak tahu apa alasan pihak JM. Yang jelas, sebagai pelaku bisnis, ia tidak bisa sembarangan mengeksekusi suatu proyek tanpa tahu nilai kelayakan proyek bersangkutan terlebih dahulu. Oleh karena itu,lanjut Fatimah, Kalla Group tidak pernah menyatakan siap bergabung sebagai investor di dalam proyek tersebut. Jadi, "Kami tidak maju dan tidak mundur," tegasnya. (Amailia Putri Hasniawati/Kontan)

Baca juga:
Ini Monorel Buatan Dalam Negeri
Dengan Monorel, Bekasi-Jakarta Cuma 30 Menit
Edwin Beli Tambang, Edward Beli Monorel



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X