Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Earth Hour, Jabar Targetkan Hemat 170 Megawatt

Kompas.com - 20/03/2013, 17:11 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebagai salah satu gerakan kampanye lingkungan terbesar di dunia, pada kampanye tahun 2013 ini, Earth Hour bertekad melampaui keberhasilan menghemat energi listrik sebesar 546 megawatt (MW) pada tahun 2012 lalu.

Program Earth Hour akan dilakukan serentak di seluruh dunia pada Sabtu (23/3/2013) dengan cara memadamkan lampu selama satu jam, yaitu pukul 20.30 hingga 21.30.

Dalam kegiatan Earth Hour 2013, Jawa Barat menargetkan penghematan listrik sebesar 170 megawatt melebihi penghematan listrik pada tahun 2012 yang hanya mencapai 60 megawatt.

"Target optimis kita bisa mendekati penghematan listrik di Jakarta yang mencapai 170 megawatt. Mudah-mudahan bisa tercapai," kata Koordinator Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi (JKBBE) merangkap Fasilitator Earth Hour Jawa Barat, Christian Natalie, saat konferensi pers di Gedung Sate Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (20/3/2013).

Keinginan untuk melebihi target penghematan listrik di tahun 2012 itu ternyata disambut baik oleh Pemerintah Provinsi Jabar. Jika tahun kemarin hanya lima kota kabupaten yang berpartisipasi, Pemprov Jabar berharap pada tahun 2013 ini, 26 kota kabupaten dapat ikut andil dalam mewujudkan target tersebut.

"Menurut pengalaman dan hasil perhitungan tahun kemarin, hanya 60 megawatt. Ini bisa membengkak lagi jika diikuti oleh 26 kabupaten kota di Jawa Barat. Untuk itu, kami akan edarkan surat dan radiogram ke bupati wali kota se-Jawa Barat agar memberi imbuan dan agak sedikit maksa lah," kata Plt Sekda Pemprov Jabar Pery Soeparman.

Surat edaran dan radiogram tersebut, lanjut Pery, akan mengimbau warga mematikan seluruh kegiatan penggunaan listrik kepada seluruh masyarakat selama satu jam sesuai dengan waktu yang ditentukan.

"Minimal seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) juga bisa ikut ambil bagian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar Setiawan mengatakan, langkah kampanye Earth Hour tahun 2013 di Jabar sangatlah strategis dalam upaya penyadaran masyarakat untuk turut serta menyelamatkan energi dan sumber daya alam serta menekan emisi gas karbondioksida di Indonesia.

"Jawa Barat itu berpenduduk 44 juta dan segala aktivitasnya sangat berkontribusi signifikan terhadap penghematan energi di Indonesia," ujarnya.

Earth Hour merupakan kampanye lingkungan hidup berskala global. Individual, praktisi bisnis, pemerintah, dan komunitas diajak untuk mematikan lampu selama satu jam pada Sabtu (23/3/2013) mulai pukul 20.30 untuk menunjukkan aksi lingkungan berkelanjutan.

Earth Hour dimulai tahun 2009 lalu dan dengan partisipan di Indonesia mencapai 1 juta penduduk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com