Delapan Pasang Kandidat Bertarung di Pilkada Bandung - Kompas.com

Delapan Pasang Kandidat Bertarung di Pilkada Bandung

Kompas.com - 18/03/2013, 16:51 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Delapan pasangan kandidat Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung siap bertarung dalam pemilihan kepada daerah 2013. Delapan kandidat tersebut, empat kandidat datang dari jalur partai politik dan empat kandidat dari jalur perseorangan atau independen.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Apipudin, saat dihubungi Kompas.com, melalui sambungan telepon, Senin (18/3/2013). "Ada delapan kandidat, semuanya sudah mendaftar ke KPU," kata Apipudin.

Empat dari jalur parpol yaitu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Edi Siswadi - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandung, Erwan Setiawan. Edi Sis - Erwan Setiawan diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan, serta lima parpol non parlemen.

Kedua, Wakil Wali Kota Bandung petahana Ayi Vivananda yang diusung Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan berpasangan dengan istri Wali Kota Bandung Dada Rosada, yakni Nani Suryani Rosada yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketiga, ahli tata kota yang notabandnya arsitek, Ridwan Kamil yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) berpasangan dengan anggota DPRD Kota Bandung, Oded M. Danial yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Keempat, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, M. Qudrat Iswara yang berpasangan dengan Wakil Ketua DPRD Kota Bandung Asep Dedy Ruyadi yang diusung Partai Golkar serta PDS dan 15 parpol non parlemen.

Sementara untuk kelompok jalur perseorangan, ada Budi Setiawan (Budi Dalton) - Rizal Firdaus, Wawan Dewanta - M Sayogo, Bambang Setiadi-Alex Tahsin, dan Wahyudin Karnadiata-Tony Apriliani.

Menurut Apipudin, delapan kandidat tersebut telah tercatat di kantor KPU Kota Bandung setelah pendaftaran dibuka pada tanggal 11-17 Maret 2013. "Sekarang ini sudah ditutup," kata Apipudin.

Namun disayangkan, kedelapan kandidat belum memenuhi persyaratan pencalonan yang diminta KPU, seperti, Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), surat keterangan tidak berutang wajib pajak, surat keterangan bebas utang, kelengkapan ijazah, dan banyak lagi persyaratan administrasi lainnya.

"Semua pasangan yang mendaftar hampir bisa dipastikan persyaratannya belum lengkap," kata Apipudin.

Apip berharap semua pasangan segera melengkapi persyaratan yang diminta KPU. Empat kandidat dari jalur parpol diharuskan melengkapi persyaratan yang kurang, diberi kesempatan mulai tanggal 18-24 Maret 2013. Sedangkan, untuk jalur independen 25-29 Maret 2013, berikut kelengkapan berkas dukungannya.

Apip menambahkan, pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada tanggal 22-24 Maret 2013 yang bertempat di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), sama halnya dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013 yang baru lalu.

Kemudian untuk pertarungannya dilaksanakan tanggal 23 Juni 2013. "Kalau dari pihak KPU, semua aspek sudah sedemikian siap segalanya, tinggal dari para kandidatnya," tegas Apip.


EditorGlori K. Wadrianto

Close Ads X