Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjun ke Kali, Dua Bocah Tewas Tenggelam

Kompas.com - 15/03/2013, 11:22 WIB
Kontributor Timor Barat, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KEFAMENANU, KOMPAS.com — Dua bocah perempuan, Adriana Ato (13) dan Fransiska Ukat (9), warga Desa Oenenu Utara, Kecamatan Bikomi Tengah, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur, tewas tenggelam di Kali Nifu Nikis yang kedalaman airnya lebih dari empat meter, Kamis (14/3/2013) petang sekitar pukul 17.00 Wita.

Informasi yang dihimpun menyebut, awalnya kedua bocah itu mandi di kali bersama beberapa teman-teman lainnya. Kebiasaan anak-anak setempat saat mandi adalah melompat dari atas tebing yang tingginya lima meter dengan posisi saling berpelukan. Adriana dan Fransiska pun melompat dari atas tebing, tetapi setelah itu tidak pernah muncul sampai ditemukan warga sudah dalam keadaan tewas.

Kepala Desa Oenenu Selatan Patrisius Nabu, saat ditemui Kompas.com di kediamannya, Jumat (15/3/2013), membenarkan hal itu. "Keduanya adalah anak sekolah. Adriana Ato sekolah di SMP Negeri Oenenu kelas II, sedangkan Fransiska Ukat siswi kelas III SDN Manbait. Pada saat kejadian saya sementara berada di luar desa sehingga tadi malam baru saya dapat informasi dari warga bahwa saat itu dua anak tenggelam. Teman-temannya yang mandi sama-sama, kemudian meminta bantuan puluhan pemuda desa yang kebetulan sedang berkumpul dan saat itu secara beramai-ramai bersama warga desa lainnya mulai melakukan pencarian," tutur Patrisius.

Menurut Patrisius, warga juga sempat mengalami kesulitan mencari jasad kedua bocah lantaran arus air di dasar kali sangat kuat dan berputar. "Warga sempat kesulitan mencari, tetapi setelah melakukan upacara adat, dua jam kemudian baru bisa ditemukan jasad keduanya. Saat ditemukan kondisi keduanya sedang berpelukan erat," kata Patrisius.

Patrisius pun menambahkan, jasad kedua bocah itu, oleh warga dan pihak keluarga sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kefamenanu.

Lanjut Patrisius, terkait kejadian itu, pihaknya akan membuat aturan desa untuk melarang anak-anak mandi di kali atau dam yang kedalaman airnya di atas satu setengah meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com