Kompas.com - 08/03/2013, 19:42 WIB
|
EditorKistyarini

MEDAN, KOMPAS.com - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Utara mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota jaringan dan kelompok dampingan yang telah menyukseskan rangkaian pemilihan umum kepala daerah Sumut.

Walhi juga mengucapkan selama kepada calon pasangan gubernur terpilih, meskipun saat ini proses penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

"Ingat salah satu misi Anda adalah membangun dan mengembangkan ekonomi daerah melalui pengelolaan SDA lestari berkelajutan dan berwawasan lingkungan. Tentunya misi ini perlu dijabarkan lebih jauh dalam bentuk program-program kerja. Walhi Sumut menghimbau publik untuk mengawal dan mengingatkan gubernur terpilih akan janji-janjinya," kata Direktur eksekutif Walhi Sumut, Kusnadi di Medan, Jumat (8/3/2013).

Dia menegaskan Walhi Sumut bersama masyarakat akan mengawal dan memonitor kinerja dari gubernur terpilih. Walhi Sumut akan memberi dukungan penuh jika program kerja gubernur terpilih bersifat pro-lingkungan hidup.

Sebaliknya, jika program kerja gubernur secara nyata akan berakibat pada perusakan lingkungan dan menindas rakyat maka Walhi Sumut akan berada di barisan depan untuk menyurakan perlawanan.

Ditanya soal tingginya tingginya golput pada Pilgub kemarin, Kusnadi berpendapat, hal itu harus disikapi secara kritis. Menurut dia terdapat sejumlah titik-titik krusial yang mengakibatkan rendahnya partisipasi publik dan harus diperbaiki di masa mendatang.

"Ini menjadi pekerjaan rumah bersama seluruh komponen anak bangsa, khususnya dalam menghadapi dan mensukseskan pemilihan umum 2014 nanti. Semoga hal ini bukan bagian dari upaya perlawanan rakyat terhadap entitas negara dalam bentuk revousi diam atau silent revolution," ucap Kusnadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.