Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Walhi: Ingatkan Gubernur Terpilih pada Janjinya

Kompas.com - 08/03/2013, 19:42 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumatera Utara mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota jaringan dan kelompok dampingan yang telah menyukseskan rangkaian pemilihan umum kepala daerah Sumut.

Walhi juga mengucapkan selama kepada calon pasangan gubernur terpilih, meskipun saat ini proses penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

"Ingat salah satu misi Anda adalah membangun dan mengembangkan ekonomi daerah melalui pengelolaan SDA lestari berkelajutan dan berwawasan lingkungan. Tentunya misi ini perlu dijabarkan lebih jauh dalam bentuk program-program kerja. Walhi Sumut menghimbau publik untuk mengawal dan mengingatkan gubernur terpilih akan janji-janjinya," kata Direktur eksekutif Walhi Sumut, Kusnadi di Medan, Jumat (8/3/2013).

Dia menegaskan Walhi Sumut bersama masyarakat akan mengawal dan memonitor kinerja dari gubernur terpilih. Walhi Sumut akan memberi dukungan penuh jika program kerja gubernur terpilih bersifat pro-lingkungan hidup.

Sebaliknya, jika program kerja gubernur secara nyata akan berakibat pada perusakan lingkungan dan menindas rakyat maka Walhi Sumut akan berada di barisan depan untuk menyurakan perlawanan.

Ditanya soal tingginya tingginya golput pada Pilgub kemarin, Kusnadi berpendapat, hal itu harus disikapi secara kritis. Menurut dia terdapat sejumlah titik-titik krusial yang mengakibatkan rendahnya partisipasi publik dan harus diperbaiki di masa mendatang.

"Ini menjadi pekerjaan rumah bersama seluruh komponen anak bangsa, khususnya dalam menghadapi dan mensukseskan pemilihan umum 2014 nanti. Semoga hal ini bukan bagian dari upaya perlawanan rakyat terhadap entitas negara dalam bentuk revousi diam atau silent revolution," ucap Kusnadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com