Kompas.com - 08/03/2013, 15:34 WIB
|
EditorFarid Assifa

DENPASAR, KOMPAS.com — Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bali kembali mengeluarkan imbauan kepada seluruh lembaga penyiaran baik lokal maupun nasional untuk tidak mengudara saat hari raya Nyepi, Selasa (12/03/2013) mendatang. Imbauan ini diterbitkan untuk menghormati umat Hindu yang akan melakukan Catur Brata Penyepian.

"Dalam rangka menghormati pelaksanaan Nyepi Tahun Baru Caka 1935 pada tanggal 12 maret mendatang, KPID Bali kembali melayangkan imbauan kepada seluruh lembaga siaran, radio televisi nasional, lokal, untuk tidak bersiaran pada tanggal 12 maret mulai pukul 6 pagi," ujar Ketua KPID Bali Komang Suarsana saat ditemui di kantornya, Jumat (8/3/2013).

Imbauan ini mendapat respons positif dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) serta seluruh lembaga penyiaran yang menyanggupi untuk tidak bersiaran saat Nyepi. KPID juga bersurat kepada penyedia TV berlangganan dan mereka pun akan menaati imbauan KPID ini.

"Operator-operator TV berlangganan sudah kita ajak berkomunikasi, mereka sudah siap dan sudah pengalaman tahun lalu," jelas Suarsana.

KPID Bali sudah membentuk tim untuk mengawasi seluruh lembaga siaran pada saat Hari Raya Nyepi. Karena sifatnya imbauan, KPID tidak bisa memberi sanksi administratif kepada lembaga penyiaran yang melanggar.

"Ketika tidak ditaati, lebih kepada sanksi moral dan sosial dari masyarakat. Dan ketika mereka berurusan dengan KPI akan kita beri catatan khusus," jelasnya.

Imbauan untuk tidak bersiaran ini sudah berlangsung sejak tahun 2007 silam, dan sejak 3 tahun terakhir seluruh lembaga siaran sudah kompak menghentikan siarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.