Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Kekerasan oleh Polisi Terjadi Tahun 2007

Kompas.com - 04/03/2013, 12:20 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian telah menelusuri video kekerasan yang diduga dilakukan oleh anggota Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri terhadap tersangka kasus terorisme. Aksi kekerasan dalam video tersebut diketahui terjadi pada tahun 2007 di Poso, Sulawesi Tengah.

"Hasil sementara tim Bareskrim mempelajari tayangan itu, pada tersangka yang ditanggkap tahun 2007 bulan Januari di Poso. Jadi tahun 2007 di Poso ada kegiatan penegakan hukum," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2013).

Kekerasan tersebut diketahui dilakukan empat aparat kepolisian terhadap Wiwin, tersangka kasus kekerasan di Poso. Boy mengatakan, Wiwin telah dipenjara di Palu. Aparat kepolisian dalam video itu pun belum dapat dipastikan berasal dari Densus 88. Boy menegaskan, Polri akan menindaklanjuti pata anggota dalam video tersebut. Anggota kepolisian akan diberi sanksi tegas apabila terbukti melakukan pelanggaran hukum.

"Kita telusuri sejauh mana apabila ada pelanggaran hukum," ujarnya.

Sebelumnya, video tersebut dilaporkan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin bersama pimpinan sejumlah ormas Islam tingkat pusat ke Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2013).

Din mengatakan, dalam video tersebut terjadi pelanggaran HAM yang diduga dilakukan oleh Densus 88 pada tersangka teroris. Dalam video tersebut dapat terlihat jelas wajah aparat kepolisian. Untuk itu, menurut Din, kepolisian dapat dengan mudah menelusuri pelaku tindak kekerasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com