Kompas.com - 02/03/2013, 13:48 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAKARTA, KOMPAS.com — Putera Sampoerna Foundation melalui School Development Outreach (PSF-SDO) melaksanakan acara Educators Sharing Network (ESN) untuk meningkatkan kapasitas kepala sekolah.

Program ESN merupakan sebuah forum diskusi tempat kepala sekolah berbagi pengalaman dan pengetahuan serta berdiskusi mengenai tantangan yang dihadapi dunia pendidikan dan komunitas di sekitar sekolah.

"ESN bertujuan memberi kesempatan bagi para kepala sekolah untuk menyebarluaskan ilmu yang mereka peroleh dari lima fase Program Kepemimpinan serta mengajak berbagai elemen masyarakat, khususnya komunitas di sekitar sekolah, untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," kata Director Putera Sampoerna Foundation Ari Kunwidodo, Sabtu (2/3/2013), di Jakarta.

Dalam forum diskusi ESN, para kepala sekolah berinteraksi dengan lebih dari 90 peserta yang terdiri dari orangtua/wali siswa, dinas pendidikan setempat, komite sekolah, dan guru nonpeserta. Acara serupa juga telah dilaksanakan di tiga wilayah lainnya, yaitu Probolinggo, Lumajang, dan Jember.

Para narasumber adalah kepala sekolah dari Pulau Madura, Jawa Timur, yang telah mengikuti Program Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh PSF-SDO dan PT HM Sampoerna Tbk. Program Kepemimpinan ini membekali para kepala sekolah dengan keterampilan manajemen dan kemampuan kepemimpinan selama lima fase program di Pamekasan, Madura.

Sejak 2008 sampai 2011, PSF-SDO telah melaksanakan pemberdayaan komunitas pendidikan lokal dengan mengadakan Program Peningkatan Profesionalisme Guru dan Kepala Sekolah di Kabupaten Karawang, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. Pesertanya telah mencapai 15.194 orang guru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.