Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat "Skyfall", Adele Bawa Pulang Trofi Oscar

Kompas.com - 25/02/2013, 13:20 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Vokalis asal Inggris, Adele, berkat nyanyiannya untuk lagu tema film Skyfall, membawa pulang trofi Oscar kategori Original Song dari Academy Awards 2013 atau Oscars yang ke-85, yang digelar di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles (California, AS), Minggu (24/2/2023) malam waktu setempat atau Senin pagi WIB. Itu merupakan trofi Oscar pertamanya.

Musik lagu itu diciptakan oleh Adele, sementara liriknya ditulis oleh Paul Epworth. Lagu tersebut berhasil menyaingi "Before My Time" (musik dan lirik oleh J Ralph) untuk film Chasing Ice; "Everybody Need a Best Friend" (musik oleh Walter Murphy dan lirik oleh Seth MacFarlane) untuk film Ted; "Pi's Lullaby" (musik oleh Mychael Danna dan lirik oleh Bombay Jayashri) untuk Life of Pi; dan "Suddenly" (musik oleh Claude-Michel Schonberg dan lirik oleh Herbert Kretzmer dan Alain Boublil).

Di luar perolehan melalui nyanyian Adele tersebut, film Skyfall (2012), yang bercerita tentang aksi agen 007, James Bond, juga mengantongi penghargaan Best Achievement in Sound Editing. Namun, untuk kategori tersebut, Skyfall harus berbagi trofi dengan film Zero Dark Thirty (2012), yang juga berjaya di kategori yang sama.

Sementara itu, untuk kategori Best Achievement in Sound Mixing, Les Misérables (2012) keluar sebagai pemenangnya.

Sebelum Oscars 2013, Adele meraih penghargaan Best Pop Solo Performance dalam Grammy Awards 2013 berkat lagu "Set Fire to the Rain", yang dinyanyikannya di The Royal Albert Hall, London (Inggris), pada 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com