Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Masih Berharap Rieke Tertolong "Swing Voters"

Kompas.com - 24/02/2013, 15:29 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Joko Widodo meyakini kalau pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Rieke Diah Pitaloka dan Teten Masduki dapat mendulang suara dari swing voters. Swing voters adalah pemilih yang dapat menentukan pilihannya di detik-detik terakhir pencoblosan.

"Ya, tipikal pemilih kan memang seperti itu, tapi kemungkinan banyak swing voters yang akhirnya memilih Rieke-Teten," kata Jokowi di Rumah Dinas Gubernur DKI, Taman Suropati 7, Jakarta, Minggu (24/2/2013).

Untuk pesaing berat Rieke-Teten, Jokowi memprediksikan pasangan calon besutan Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar dan pasangan calon Dede Yusuf-Lex Laksamana yang akan bersaing ketat dengan Rieke-Teten.

"Ya, menurut saya dua pasangan itu," kata Jokowi.

Ia juga yakin kalau Rieke-Teten akan menjuarai Pilkada Jabar 2013 dengan kemenangan satu putaran. Berdasarkan peraturan Pilkada Jabar, pasangan calon dapat menjadi kepala daerah apabila memperoleh suara sebesar 30 persen plus satu dan tidak akan diselenggarakan Pilkada putaran kedua.

"Mungkin saja, mudah-mudahan menang satu putaran," kata Jokowi.

Jokowi melihat presentase survei elektabilitas terhadap Rieke-Teten selalu meningkat singnifikan. Peningkatan elektabilitas Rieke-Teten, kata Jokowi, beranjak mulai dari 10 persen menjadi 21 persen dan meningkat lagi menjadi 37 persen.

Peningkatan elektabilitas itu, kata Jokowi, mengingatkannya saat ia masih berjuang menjadi Calon Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu silam. "Ya, bisa saja nanti bisa menang karena perolehan survei seperti itu persis kayak saya dulu," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com