Kompas.com - 22/02/2013, 12:08 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDUNG, KOMPAS.com — Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG mengeluarkan rekomendasi agar Kawah Ratu yang terletak di dalam Taman Wisata Alam Tangkubanparahu tidak didekati dalam radius 1,5 kilometer. Mereka mengkhawatirkan peningkatan aktivitas gas ataupun abu yang disemburkan dari kawah.

Rekomendasi itu diutarakan Kepala PVMBG Surono di Bandung, Jumat (22/2/2013). Status Gunung Tangkubanparahu ditingkatkan menjadi Waspada pada Kamis (21/2/2013) pukul 22.30 menyusul tremor berkepanjangan selama lima jam ditambah semburan abu dari kawah.

"Kapasitas kami adalah memberikan rekomendasi, bukan untuk melarang," ujar Surono.

Beruntung, rekomendasi itu ditanggapi langsung oleh pengelola TWA Tangkubanparahu, PT Graha Rani Putra Persada (PT GRPP). Direktur PT GRPP Putra Kaban menyatakan siap mematuhi rekomendasi PVMBG.

"Kepentingan kami adalah menghindari jatuhnya korban jiwa dari wisatawan maupun pedagang," kata Putra Kaban.

Dia memastikan bakal terus memantau kondisi Gunung Tangkubanparahu dan PT GRPP akan langsung membuka kembali begitu statusnya diturunkan.

Berdasarkan data pengelola, setiap akhir pekan setidaknya ada 4.000 orang yang berkunjung ke sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan Video Lainnya >

    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.