Pengelola Blok Mahakam Harus Aktif Melaksanakan Eksplorasi

Kompas.com - 19/02/2013, 18:10 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Blok Mahakam yang akan datang diharapkan mampu secara aktif melaksanakan eksplorasi  di laut dalam sekitar wilayah tersebut dengan investasi besar. Hal ini bertujuan untuk menambah cadangan gas terbukti yang tinggal sedikit di blok tersebut.

Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini menyampaikan hal itu di sela-sela acara pelantikan pejabat setingkat kepala dinas dan kepala subdinas, Selasa (19/2/2013), di Jakarta.

Ia menegaskan, perlu investasi yang besar untuk melakukan eksplorasi agar cadangan terbukti di blok Mahakam dapat ditingkatkan lebih dari 2 triliun kaki kubik (TCF). "Dana yang dibutuhkan untuk eksplorasi tambahan di Blok Mahakam bisa ratusan trilliun dan itu belum tentu berhasil padahal sesuai dengan keinginan banyak pihak agar cadangan gas Indonesia juga harus meningkat. Jika tidak ada investasi tambahan di blok Mahakam untuk eksplorasi maka masa depan cadangan gas Indonesia akan terancam," kata dia.

Karena itu, saat ini diperlukan investor untuk melaksanakan eksplorasi agar cadangan gas terbukti di blok Mahakam dapat ditingkatkan tanpa perlu pemerintah menanggung resiko kerugian jika eksplorasi itu gagal. "Negara jangan sampai menanggung resiko akibat kegagalan eksplorasi. Apakah BUMN dan BUMD mau menanggung kerugian eksplorasi? Kasihan negeri ini kalau harus mengorbankan hilangnya potensi tambahan cadangan minyak dan gas akibat tidak ada investasi," kata Rudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.