Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yance Janjikan Bantuan Rp 500 Juta Per Tahun

Kompas.com - 08/02/2013, 12:38 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Irianto MS Syafiuddin menjanjikan bantuan desa senilai Rp500 juta per tahun untuk membangun dan memberdayakan masyarakat desa.

"Desa sudah saatnya mendapatkan anggaran yang memadai untuk membangun, dan bila saya jadi gubernur nanti akan mengalokasikan bantuan desa Rp500 juta per desa per tahun," kata Irianto MSSyafiuddin yang akrab disapa Yance di sela-sela kampanye di kawasan Situ Cileunca,Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jumat (8/2/2013).

Yance juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat desa Jabar yang dinilainya gigih dalam mendukung pembangunan di Jawa Barat. Menurut Yance, desa membutuhkan anggaran lebih besar untuk menggulirkan program pembangunan, sehingga peningkatan bantuan desa itu sangat riil. "Saya sudah menganggarkan dan sangat memungkinkan output pembangunan desa akan sangat berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat," kata Yance.

Yance yang adalah mantan Bupati Indramayu itu menyatakan komitmennya untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dengan mengusung potensi di daerah masing-masing. "Pemerataan kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi, termasuk di pedesaan, termasuk bantuan desa Rp500 juta juga untuk pembangunan desa dan mengurangi urbanisasi," kata Yance.

Lebih jauh Yance mengaku akan membagikan Kartu Sehat yang menjadi kartu berobat gratis di seluruh Puskesmas di Jawa Barat, begitu kemenangan di Pilkada 2014. "Kartu sehat dan kartu pintar akan diserahkan begitu ada keputusan hasil Pilkada yang digelar 24 Februari nanti." kata dia.

Pada kampanye pertamanya di daerah pemilihan II di Kabupaten Bandung ini, Yance menyerahkan bantuan untuk petani sapi, jompo serta berkumpul dengan warga Pangalengan dalam kegiatan jalan sehat. Pada kesempatan itu, pasangan Yance dan Tatang Farhanul Hakim mendapat penyataan sikap dukungan dari Ormas BBC Kabupaten Bandung.

Sebelumnya, Yance yang didampingi istrinya Anna Irianto yang juga Bupati Indramayu juga melakukan kunjungan ke Rumah Susun Baleendah dan Pasar Pangalengan Kabupaten Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com